• SD ADHYAKSA 1 JAMBI
  • Where Tomorrow's Leaders Come Together
  • info@sdadhyaksajambi.sch.id
  • 081383517677, 082281160220
  • RSS
  • Pencarian
Sambutan Kepala Sekolah

Assalamualikum Wr Wb                                                                          

Alhamdulillah, Alhamdulillahlladzi arsala rosulahu bil huda wa dinil haq.  Liyuzhhirohu 'alad dini kullihi. Wa kafa billahi syahida. Asyhadu alla ilaha illallah, wahdahu laa syarikalah. Wa asyhadu anna Muhammadan 'abduhu wa rosuluhu, laa nabiya ba'da. Allahumma sholli 'ala Muhammad, abdika wa nabiyyikal ummiyyi, wa 'ala alihi wa shohbihi wa sallam.

Salam sejahtera buat kita semua

Bapak ibu orang tua siswa khususnya SD Adhyaksa dan dewan guru  yang saya banggakan

Pertama tama saya mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada orang tua siswa SD Adhyaksa dan dewan guru yang telah berperan aktif dalam proses pembelajaran tahun 2019/2020 terutama dimasa pandemi covid 19. Sehingga proses pembelajaran dapat berjalan dengan baik walaupun dilaksanakan secara daring. Dimasa pandemi covid 19 semua proese kegiatan pembelajaran tidak dilaksanakan seperti biasanya dimasa normal, belajar dan penilaian hasil belajar dilaksanakan secara daring, kelulusan kelas 6 tidak lagi dirayakan seperti biasa. Untuk itu pada kesempatan ini sya ingin mengucapkan selamat kepada sisiwa yang telah lulus, selamat melanjutkan kejenjang pendidikan yang lebih tinggi  semoga mendapatkan sekolah yang lebih baik sesuai dengan keinginan ananda.

Bapak berpesan jagalah nama baik almamater sekolah kita, jadilah siswa terbaik yang berkarakter, berahlak mulia sehingga menjadi tauladan bagi yang lainya disekolah yang baru nanti

Kepada Bapak ibu orang tua siswa kelas 6 yang kami hormati dengan telah lulusnya putra/putri bapak ibu maka selesai sudah kewajiban kami mendidik selama 6 tahun disekolah ini dan selanjutnya kami kembalikan pendidikan selanjutnya kepada bapak ibu.

Kami mohon maaf jika selama 6 tahun belajar di sekolah Adhyaksa mungkin banyak kekurangan dan kesalahan. Yang pasti kami selalu berusa yang terbaik untuk pendidikan putra putri bapak/ibu.

Selanjutnya ditahun pelajaran baru 2020/2021 masih dalam masa pandemi Covid 19 yang Insya Allah akan dimulai pada tanggal 13 Juli 2020 SD Adhyaksa akan mengikuti hasil keputusan Rapat Koordinasai antara walikota Jambi dengan Dinas Kesehatan Kota Jambi, Dinas Pendidikan Kota Jambi dan Kepala Sekolah SD dan SMP yang ada di Kota Jambi, yang nantinya akan diterbitkan Surat keputusan Walikota Jambi Tentang Relaksasi Pendidikan Kota Jambi dan Petunjuk Teknis yang akan dijadikan pedoman oleh sekolah dalam menyelenggarakan Pembelajaran secara tatap muka dimasa Pandemi Covid 19,

Sambil menunggu keputusan resmi walikota Jambi tentang relaksasi pendidikan di Kota Jambi, marilah kita bersama-sama mempersiapkan segala sesuatunya baik sarana dan prasarana kesehatan  di sekolah maupun kesiapan siswa dan orang tua,

Sekolah Dasar Adhyaksa Jambi telah melengkapi segala sarana kesehatan sesuai protokol kesehatan di sekolah dan telah ditinjau 2 kali oleh dinas kesehatan kota Jambi serta Dinas Pendidikan Kota Jambi, dan dinyatakan Telah Siap 100% Jika Pembelajaran tatap muka jadi dilaksanakan. Marilah kita selalu menggunakan masker ketika keluar rumah dan sesering mungkin mencuci tangan dengan sabun dengan air yang mengalir. Jika nanti relaksasi pendidikan dilaksanakan kemungkinan untuk SD kelas 4, 5 dan 6 yang akan belajar tatap muka dengan ketentuan :

  1. Jam masuk dan pulang diatur agar tidak berbarengan
  2. Lama belajar satu hari hanya 3 jam
  3. Maksimal jumlah anak dalam kelas 14 orang
  4. Belajar dengan sisytem sif/bergiliran
  5. Mematuhi protokol kesehatan yang ketat

Rencana ini kami sampaikan agar kita semua dapat mempersiapkan diri dari sekarang jika pembelajaran tatap muka jadi dilaksanakan.

Dalam tahun ajaran baru ini SD Adhyaksa akan menerapkan metode pembelajaran Studysaster yang dikombinasikan dengan metode pembelajaran yang sesuai tujuan pembelajaran dari masing-masing tema pembelajaran pada setiap kelas. baik yang dilakukan secara daring maupun tatap muka. STUDYSASTER merupakan sebuah inovasi berupa model pembelajaran untuk mengintegrasikan pendidikan kebencanaan dalam kegiatan belajar mengajar, dengan tujuan meningkatkan minat siswa belajar kebencanaan

Model pembelajaran Studysaster dapat didefinisikan sebagai sebuah tahapan pembelajaran yang sistematis dalam mengorganisasikan pengalaman belajar, untuk memaksimalkan pengintegrasian pendidikan kebencanaan (pra bencana, tanggap darurat dan pasca bencana) dalam kegiatan pembelajaran. Model ini mempunyai 6 langkah pembelajaran sebagai berikut:

Identification / Identifikasi

Pada langkah mengidentifikasi, peserta didik bersama dengan guru mempelajari dan berdiskusi tentang definisi maupun jenis-jenis bencana yang ada dan penyebab terjadinya bencana. Yaitu bencana kesehatan Covid-19 yang kita alami saat ini.  Berdiskusi tentang deskripsi kondisi tempat tinggal, lingkungan tempat tinggal, dan model pembelajaran Studysaster melalui media daring. Dari diskusi tersebut peserta didik dengan bimbingan guru mampu melakukan identifikasi resiko bencana kesehatan Covid-19 pada dirinya sendiri, maupun orang-orang di lingkungan tempat tinggalnya.

Search / Mencari

Peserta didik melihat contoh-contoh pekerjaan atau tugas pembelajaran tentang bencana kesehatan Covid-19 di internet atau sumber lain yang relevan, sembari terus berdiskusi melalui media daring seperti group whatsapp, zoom atau google classroom. Kegiatan tersebut akan memberikan stimulus dalam mencari dan memahami konsep memvisualkan/menuliskan ide sehingga menjadi sebuah karya yang dapat mengedukasi orang lain tentang Covid-19 bisa berupa poster, komik, video, music, puisi, cerpen atau karya hasil pembelajaran lainnya. Dilanjutkan mencari langkah atau teknik pembuatan karya tersebut melalui google, youtube, buku maupun sumber lain yang relevan.

Plan / Merencanakan

Setelah peserta didik melakukan proses mencari referensi maka akan muncul ide/imajinasi awal untuk membuat konsep, pesan, tema dan visual yang akan dituangkan dalam sebuah karya hasil pembelajaran. Ide tentang karya kebencanaan kesehatan Covid-19 yang masih abstrak tersebut kemudian di visualkan/dituliskan dalam bentuk sketsa kasar atau kerangka tulisan, sebagai acuan dalam membuat karya pembelajaran.

Create / Mencipta

Setelah menemukan ide/pesan dan rencana karya yang akan dikerjakan, maka peserta didik mulai memvisualkan/menuliskan rancangan tersebut dalam media masing-masing. Jika tugasnya berupa pembuatan puisi, maka medianya dapat berupa tulisan buku atau softfile, tugas berupa poster maka medianya di buku gambar, tugas membuat vlog dapat menggunakan handphone dengan hasil file video dan sebagainya. Karya pembelajaran tersebut hasil akhirnya harus berupa file digital, sehingga yang masih dalam bentuk manual diubah menjadi digital, misalnya tugas membuat puisi di buku tulis dapat digitalkan dengan diketik atau difoto.

Share / Membagikan

Langkah share/membagikan merupakan kegiatan untuk mengedukasi orang lain secara luas. Peserta didik membagikan karya pembelajaran tentang bencana kesehatan Covid-19 yang dibuatnya kepada orang lain secara konvensional atau online. Peserta didik dapat mendiseminasikan karyanya secara langsung kepada orang-orang di rumahnya, juga membagikan karyanya melalui akun media sosial mereka seperti facebook, instagram, twitter, blog atau youtube. Sehingga dapat dilihat, dibaca dan mempengaruhi orang lain untuk ikut melakukan pencegahan Covid-19 dalam cakupan yang lebih luas tanpa harus melakukan pertemuan/kontak fisik.

Practice / Mepraktikkan

Karya pembelajaran tentang bencana Covid-19 tersebut wajib untuk dipraktikkan dalam kehidupan sehari-hari agar yang mereka lakukan tidak hanya pada tataran konseptual saja. Seperti ketika membuat karya poster tentang langkah mencuci tangan yang baik dan benar, maka peserta didik harus melakukan cuci tangan sesuai yang sudah disampaikan dalam posternya. Selanjutnya kegiatan tersebut didokumentasikan berupa foto untuk di laporkan ke guru sebagai bukti dia sudah melakukan langkah practice/praktik.

Dengan studysaster guru dapat berkontribusi nyata yang berdampak luas dalam pencegahan Covid-19. Satu guru akan membimbing banyak peserta didik untuk mengedukasi dirinya sendiri. Selanjutnya puluhan atau ratusan siswa tersebut akan mengedukasi orang disekitarnya, juga masyarakat luas melalui media sosial yang mereka miliki. Dengan cara seperti itu guru sebagai salah satu komponen bangsa, dapat dipastikan mempunyai peran strategis dalam melakukan edukasi pencegahan dan menekan penyebaran Covid-19.

Demikian Sambutan ini saya sampaikan dalam menyambut tahun ajaran baru 2020/2020 semoga bermanfaat.

Wasalamualikum warohmatullahii wabarokatuh

Baca Juga
Surat Pemberitahuan SD Adhyaksa I Jambi

Dengan hormat,           Terlebih dahulu kami mendoakan semoga Bapak/Ibu Orang tua/Wali siswa senantiasa dalam lindungan Allah SWT Tuhan Ya

12/07/2020 06:42 WIB - Administrator
Buku Saku Panduan Pembelajaran di Masa Pandemi Covid-19

  Unduh Buku Saku Panduan Pembelajaran di Masa Pandemi Covid-19 di sini.

30/06/2020 10:36 WIB - Administrator
INFO LOWONGAN

 KAMI MEMBUTUHKAN  GURU BAHASA INGGRIS   DENGAN PERSYARATAN :  Sarjana Pendidikan Bahasa Inggris  Pengalaman Mengajar Minimal 2 Tahun  Laki-laki Berusia M

28/07/2021 07:04 WIB - Administrator
Pelaksanaan Relaksasi dibidang Pendidikan (Dinas Pendidikan)

Menindaklanjuti Keputusan Walikota Jambi Nomor 245 Tahun 2020 tentang Penetapan Pelaksanaan Relaksasi di Bidang Pendidikan pada Tahun Pelajaran 2020/2021, dengan ini kami sampaikan hal-

12/07/2020 06:31 WIB - Administrator
Pengumam Kelulusan SD Adhyaksa I Jambi TP. 2021-2022

Hasil pengumaman Kelulusan bisa di dilihat disini 

15/06/2022 13:22 WIB - Administrator